Senin, 04 Juni 2018

Viral Pengadaan Tong Sampah Jerman Rp 9,6 M, Ini Penjelasan Kadis Lingkungan Hidup DKI

JAKARTA - Pengadaan tong sampah yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menjadi viral di media sosial. Sebab, Dinas LH membeli tong sampah buatan Jerman dengan total anggaran Rp 9,6 miliar untuk 2.600 tempat sampah.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, harga tersebut sebenarnya lebih murah dari pasaran.

"Kalau dibandingkan dengan toko online ini malah lebih mahal. Di sana bisa Rp 4,4 juta untuk satuannya dan itu buatan China yang belum bersertifikasi," ujar Isnawa ketika dihubungi, Minggu (3/6/2018).

Sementara harga satuan tempat sampah yang dibeli Dinas LH hanya sekitar Rp 3,6 juta.

Selain itu, tempat sampah yang dibeli Dinas LH memiliki standar internasional sehingga lebih berkualitas.

Penyedia tempat sampah yang melaksanakan pengadaan ini masuk dalam e-catalog. Isnawa mengatakan, Dinas LH tidak menunjuk langsung perusahaan tersebut.

"Itu, kan, e-catalog ya, berarti LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) dong. Jadi bukan kami yang ketemu sama penyedia jasanya. LKPP, kan, sudah ngerti kualitasnya," ujar Isnawa.

Hal ini merupakan bagian dari modernisasi alat di Dinas LH. Isnawa menjelaskan, pada 2016 pihaknya juga sudah membeli truk compactor sebanyak 91 unit. Truk ini bagian dari modernisasi alat karena Pemprov DKI tidak lagi menggunakan mobil bak terbuka untuk mengangkut sampah ke TPST Bantargebang.

Sumber : Kmpas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar