Selasa, 29 Mei 2018

SM Entertainment

Gambar terkait

S.M. Entertainment (HangulSM엔터테인먼트) adalah perusahaan hiburan Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1995 oleh Lee Soo-man. Perusahaan ini sekarang menjadi salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan.Perusahaan ini beroperasi sebagai label rekaman, perusahaan produksi musik dan konser, manajemen acara dan rumah penerbitan musik.

Setelah lulus dari California State University, Northridge di Amerika Serikat, Lee Soo-man kembali ke Korea dan mendirikan 'SM Studio' di Apgujeong-dongGangnamSeoul pada tahun 1989. Bisnis ini mengubah namanya menjadi S.M. Entertainment dan menyiapkan dana modalnya pada Februari 1995 dengan Jung Hae-ik sebagai CEO.Agensi ini mengembangkan sistem produksi 'in-house' dan menghasilkan serangkaian artis sukses termasuk grup penyanyi laki-laki H.O.T. pada tahun 1996, grup penyanyi perempuan S.E.S. pada tahun 1997, Shinhwa pada tahun 1998, dan duo R&B Fly to the Sky pada tahun 1999. Kim Kyung-wook menjadi CEO perusahaan ini pada tahun 1998.

Awal 2000-an dijumpai dengan pembubaran H.O.T (pada tahun 2001) dan S.E.S (pada tahun 2002), serta kepergian Shinhwa ke agensi baru, dan pada tahun-tahun berikutnya, grup-grup baru seperti duo Isak N Jiyeon dan grup penyanyi laki-laki Black Beat gagal untuk mencapai popularitas artis-artis S.M. sebelumnya.Pada bulan Desember 2000, S.M. berafiliasi dengan Fandago Korea. Pada bulan Januari 2001, perusahaan ini mendirikan sebuah divisi di luar negeri, S.M. Entertainment Jepang. Sekitar waktu yang sama, perusahaan ini disetujui untuk dicatatkan pada KOSDAQ, dan afiliasi didirikan antara S.M. dan Avex Trax. Anak perusahaan BM Entertainment dan Cid. K Entertainment (yang menaungi grup penyanyi perempuan M.I.L.K dan Shinvi) juga terbentuk, namun kemudian menjadi tidak berfungsi dan dibubarkan.

April 2002 dijumpai dengan saham yang meningkat sebesar 1.341.180, dan pada bulan Juni, penambahan sebesar 61.048 sebagai hasil dari modal pihak ketiga Pada akhir tahun 2002, S.M. dianugerahi Grand Prix Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk Konten Kebudayaan untuk Export Award dalam musik.

Pada tahun 2003, S.M. berafiliasi dengan Starlight Corporation Ltd. dan C-Cube Entertainment Corporation. Pada tahun yang sama, perusahaan ini mendebutkan grup penyanyi laki-laki dengan lima anggota TVXQ. Tahun-tahun berikutnya dijumpai dengan debut artis-artis seperti TRAX (2004), The Grace (2005), dan Super Junior (2005).

Pada tahun 2005, Kim Young-min menjadi CEO ketiga perusahaan ini, di bawahnya beberapa artis didebutkan dengan tujuan untuk melakukan promosi di luar Korea Selatan. Artis-artis yang debut di bawah S.M. pada saat itu adalah penyanyi solo keturunan Tiongkok Zhang Liyin (2006), solois berbahasa Jepang J-Min (2007), Girls' Generation (2007), SHINee (2008), dan f(x) (2009). Pada bulan April 2008, sebuah sub-unit berbahasa Mandarin Super Junior dibentuk, yaitu Super Junior-M. Pada bulan Oktober 2008, S.M. mengumumkan rencana untuk mendebutkan BoA di Amerika Serikat di bawah anak perusahaan label SM Entertainment USA.

Pada bulan Mei 2008, SM Art Company dibentuk dengan Pyo In-bong sebagai co-CEO, bertujuan untuk menghasilkan karya musikal dan teater. Produksi pertama dari perusahaan ini adalah Xanadu, yang dibintangi anggota Super Junior Heechul dan Kangin

Pada bulan Februari 2010, setelah dua dekade di dewan direksi, pendiri Lee Soo-man mengundurkan diri dari jabatannya untuk "fokus pada kekuatan bisnis SM di luar negeri, manajemen bisnis baru dan pengembangan artis". Pada bulan Maret, KMP Holdings didirikan sebagai perusahaan patungan antara S.M. Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, Star Empire, Medialine, CAN Entertainment dan Music Factory.rilis pertama perusahaan dari S.M. adalah Super Junior album kelima studio, Mr Simple, yang menandai akhir dari S.M. distribusi. Pada bulan Mei, S.M. mengumumkan tertinggi pertama laba operasional kuartal, di KR ₩ 10,4 miliar, naik 471% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan dilaporkan di KR ₩ 22,7 miliar, meningkat 58% pada tahun sebelumnya.

Pada 2012, S.M. mendebutkan boy group EXO di dua unit untuk mempromosikan di kedua negara yaitu Korea dan China.Pada bulan Februari, S.M. diakuisisi perjalanan perusahaan Hawaii Happy Hawaii dan meluncurkan inisiatif bisnis baru yang mengkhususkan diri dalam perjalanan dan pariwisata, Travel SMTown, dengan Kang Jung-hyun sebagai CEO.[Travel SMTown menawarkan paket konser untuk fans luar negeri menghadiri Super Junior Super Show 4 Tour konser di Seoul.Pada bulan Maret, 47 artis SM termasuk Kangta, BoA, TVXQ, CSJH The Grace, Super Junior, Zhang Li Yin, Girls' Generation, SHINee, f(x), Go Ara, Isak, dan Lee Yeon Hee menjadi pemegang saham SM Entertainment. Kangta, BoA, dan sebagian besar Super Junior dan anggota Girls' Generation menerima 680 saham masing-masing (dengan nilai sekitar US $ 27.200 untuk setiap orang), sementara SHINee dan f(x) menerima 340 saham masing-masing (nilai sekitar US $ 13.600 untuk setiap orang). Pada bulan Agustus, S.M. memegang S.M.ART EXHIBITION di COEX Convention & Exhibition Centre dan menandatangani kontrak dengan Visa dan KB Card untuk mulai mencetak S.M. kartu artis . comedi Kang Ho-dong dan Shin Dong-yup mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak eksklusif dengan S.M. ini, SM Culture & Contents (SM C & C), dipandang sebagai langkah oleh S.M. untuk memperluas ke televisi. Pada bulan September, SM C & C bergabung dengan AM Entertainment (yang mewakili aktor seperti Jang Dong-gun, Kim Ha-neul, dan Han Ji-min) dan dua comedi TV lainnya, Lee Su-geun dan Kim Byung-man, mengumumkan bahwa mereka telah juga menandatangani dengan SM.Pada bulan November, KMP Holdings diakuisisi oleh KT Music, dan Juni 2013, KT Music diserap jaringan distribusi KMP ini.

Pada bulan Maret 2017 S.M Entertainment dikonfirmasi telah mengakuisisi 28% saham dari Mystic Entertainment dalam hal SM berencana untuk berinvestasi dan bekerja dengan Mystic untuk memperluas bisnis musik mereka, serta membantu Mystic untuk dapat tumbuh menjadi sebuah label musik global dengan membagikan akses ke jaringan, sistem, dan talenta bisnis di seluruh dunia, dan SM dan Mystic juga akan bekerja bersama untuk menciptakan musik baru dan juga konten untuk beragam platform, termasuk mobile dan media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar